MENULIS MELATIH HATI

Beberapa waktu belakangan ini saya intensif setiap hari menulis. Menulis jenis tulisan apapun. Lebih seringnya saya menulis catatan harian awal tahun ini. menulis catatan harian sudah saya lakukan sejak dibangku sekolah SMA kelas dua. menulis catatan harian tidaklah rutin saya lakukan, tergantung suasana hati bila jari-jemari ingin bergerak mengambil pena mencatatan apa saja dari luapan hati dan bila susana hati berat maka jari-jemari enggan menulis.

menulis belakangan ini ada sesutu yang menyadarkan saya. sadar akan gerakan hati dan setiap pembentukan kalimat. paling tercurah dan paling menyadarkan saya bila menulis secara manual di kertas dengan menggoreskan pena berirama aluna jari meliuk-liukan menciptakan huruf demi huruf, kalimat demi kalimat sampai mencapai puncak finisnya paripurna tulisan oleh sang penulis.

dari sini saya menyimpulakan bawah menulis secara manual atapun melalui mesin ketik juga melatih hati. terutama secara manual. menulis bukan hanya soal teknik ataupun soal dalam menyusun bahasa yang mudah dipahami pembaca. menulis juga harus selaras dengan hati. hati merupakan ceriminan jiwa yang murni dalam merasakan kejujuran dalam bertindak. bila tindakan dan hati tidak sinkron menyebabkan “grundele ati”.

Beberapa kali saya menulis sering juga tidak jadi. ketika ada kemauan mengerjakan sesuatu dalam sebuah tulisan bilah hati berat dan enggan maka mempengaruhi kita dalam bertindak. hati tak terlihat, tapi begitu nyata mempengaruhi tindakan. kadang aku bingung akan hal ini. hati itu fungsinya adalah perasa. oke ia perasa; katanya.

untuk sekarang saya peracaya bawah menulis menyentuh ruang hati. bagiamana tidak, ia seperti bayangan manusia, bila manusia bertindak selalu melekat dan mempengaruhi tindaknnya. menulis dengan mengasah hati sampai puncaknya dalam pengasahannya adalah? jawabannya pun masih belum saya temukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s